Instruktur klinik atau lebih dikenal dengan CI (Clinical Instructor) di lingkungan keperawatan mempunyai peran yang sangat vital dalam perkembangan kemampuan klinik dari mahasiswa. Tentunya untuk menjadi CI yang baik perlu evaluasi diri dan memperbaiki kemampuan – kemampuan klinik secara terus - menerus.

Berikut hasil penelitian dari Lee et al (2002) tentang karakteristik dari CI yang efektif berdasarkan sudut padang mahasiswa dan instruktur klinik
10 karakteristik tertinggi
1. Role model yang baik
2. Mendorong iklim saling menghormati
3. Percaya diri
4. Memperlihatkan keahlian dalam pertimbangan klinik
5. Memperlihatkan teknik dan prosedur klinik
6. Memberikan dukungan dan dorongan kepada mahasiswa
7. Mendengarkan penuh perhatian
8. Membantu mahasiswa untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan kesempatan praktek klinik
9. Memperlihatkan keterampilan berkomunikasi
10. Memperbaiki kesalahan mahasiswa tanpa menghina atau merendahkan

10 karakteristik terendah

1. Menggunakan kritik secara konstruktif
2. Mengarahkan mahasiswa untuk menggunakan literature keperawatan
3. Pertanyaan – pertanyaan mahasiswa dan mendapatkan alasan – alasan
4. Menyarankan mahasiswa tentang persiapan – persiapan yang harus dilakukan
5. Menunjukan keluasan materi yang telah dibacanya
6. Membahas perkembangan masa kini
7. Membantu mahasiswa untuk memecahkan masalah pasien
8. Mengakui keterbatasan sendiri
9. Membuat saran khusus untuk perbaikan
10. Terbuka dan tidak ada keputusan

Setelah melihat mungkin kita ada di karakteristik tinggi atau rendah tetapi sebagai intruktur klinik yang normal tentunya menginginkan untuk meng-upgrade diri kita untuk menjadi instruktur klinik yang efektif dengan memperluas karakteristik tinggi dan mengurangi karakteristik rendah.

0 comments