Banyak penyakit yang mempunyai gejala peningkatan suhu tubuh. Peningkatan suhu tubuh yang tinggi dan terus menerus dapat mengakibatkan heat stroke atau dikenal dimasyarakat dengan step atau kejang panas koma dan kematian. Sehingga pemantauan suhu tubuh merupakan hal yang sangat penting dalam merawat anggota keluarga yang menderita peningkatan suhu tubuh atau demam.

Hal – hal yang terpenting saat ada keluarga yang sakit dengan gejala demam adalah pertama mengetahui batasan suhu tubuh yang normal atau tidak normal termasuk suhu tubuh yang membahayakan. Kedua: tersedianya alat pengukur suhu tubu ( thermometer) di rumah, untuk mengetahui suhu yang sebenarnya yang dialami penderita, jangan menggunakan tangan kita menjadi tolok ukur untuk menentukan seseorang panas atau tidak. Ketiga persediaan obat penurun panas untuk diberikan jika ada anggota keluarga kita tiba – tiba suhu tubuhnya meningkat dengan ekstrim.

Batasan suhu tubuh pada beberapa buku sering terjadi perbedaan walaupun perbedaannya tidak terlalu tinggi, berikut batasan suhu tubuh dibagi menjadi :
Batas normal = 36 – 37 o C
Pyrexia (suhu tubuh tinggi ) = 38 - 40 o C
Hyperpyrexia ( suhu tubuh sangat tinggi) = 40.1 o C dan diatasnya
Heat Stroke = Biasanya terjadi sekitar 41 – 42 o C
Kematian = 43 o C dan diatasnya
Hypotermia = 35 o C dan dibawahnya
Kematian = 20 o C
Heat stroke adalah potensi kondisi yang serius yang disebabkan oleh suhu tubuh yang tinggi secara terus menerus yang selanjutnya dapat menjadi koma dan kematian.
Adapun strategi untuk menurunkan suhu tubuh adalah :
1. Tidak menggunakan selimut yang tebal
2. Gunakan pakaian yang menyerap keringat
3. Anjurkan banyak minum
4. Kompres
5. Observasi suhu tubuh jika setelah dilakukan tindakan suhu tubuh tidak turun 1 oC perjam maka berpotensi untuk terjadinya shock
6. Berikan obat antipiretik ( pereda panas ) seperti parasetamol dll

Sebagai keluarga atau orang tua jangan sampai kita luput dari bahaya peningkatan suhu tubuh karena jika terjadi heat stroke penderita berisiko ancaman kematian dan biaya untuk pengobatan juga akan semakin tinggi.

0 comments